Tuesday, December 6, 2016

CHARGER ACCU GENSET OTOMATIS CUT OFF

Dalam dunia mesin Genset sudah tentu tidak asing lagi yang namanya Aki atau Battre, karena perangkat ini sangat penting untuk dijaga kehandalannya, mulai dari level air aki, Arus, dan tegangan nya perlu diperhatikan dan perawatan khusus secara rutin.

Kali ini saya akan berbagi skema Charge aki otomatis cut off untuk perawatan Aki genset kita, karena Aki genset harus selalu terisi full dan selalu stand by ketika terjadi pemadaman dari PLN maka Aki Genset akan siap untuk membangkitkan dinamo starter dari genset kita tanpa ada kendala apapun.

Lihat juga Trouble Shooting pada Genset

Mari kita perhatikan Skema Charger Accu Genset Auto Cut Off dibawah ini..



Pada rangkaian Charger Battery auto cut off di atas tersebut menggunakan tranformatot CT yang di searahkan dengan dua buah dioda untuk menghasilkan arus DC, untuk kapasitas Arus dari trafo tersebut bisa menggunakan 10% dari Arus Battery atau accu dari genset, agar accu genset awet dan tidak over Current. Jadi misal Arus Accu Genset 60 AH, kita bisa menggunakan Trafo dengan 6 Amper.

Cara kerja rangkaia Charger Accu genset auto cut off di atas adalah tegangan AC dari trafo CT di searahkan melalua dua buah Dioda secara Full Wave, kemudian tenganga DC tersebut di regulasi menggunakan IC LM317 sebagai Linear Adjusteable Voltage Regulator,dimana tegangan outputnya bisa di atur sesuai kebutuhan dengan cara mengatur VR Volt Adjust,setelah tegangan di sesuaikan dengan kebutuhan kemudian Arus nya di perkuat dengan Q2 MJ2955dan selanjutnya di teruskan ke ACCU genset. Sementara IC LM 301 adalah sebagai Comparator dimana input dari ic tersebut akan dibandingkan dan hasil perbandingannya akan di teruskan ke QI. cara kerja IC tersebut adalah untuk membandingkan tegangan Battery genset dengan tegangan regulator, untuk accu basah biasanya batas pengecasan antara 13.8 - 14.2 Volt, jadi untuk regulatornya kita seting di tegangan 14.2 Volt dengan cara memutar VR Volt Adjust, dan pastikan tegangan output nya menunjukan angka 14 Volt pada Volt meter, kemudian untuk Float Adjus nya kita seting di tegangan 14 Volt,caranya ukur tegangan pada VR Float Adjus dengan Volt Meter dan putal lah VR tersebut sampai menunjukan angka 14 Volat pada jarum Volt Meter.

Prinsip kerja dari Charger Accu Auto Cut Off ini ketika Accu yang drop atau mengalami pengosongan maka IC comparator akan membandingkan tegangan Accu dan tegangan regulator, misal ketika accu berada pada tegangan 11 Volt maka IC comparator akan membandingkan tegangan accu tersebut dengan perhitungan sbb: ( Vout = Vin1 - Vin2 ) jadi ketika tegangan Vin1 (teg accu) adalah 11 Volt di kurangi dengan Vin2 (tegangan referensi Float Adjust) adalah 14 Volt, maka Vout = 11 - 14 --->  (- 2 Volt ) itu artinya pada output IC comparator akan mengeluarkan  tegangan 0 Volt sehingga lampu indikator Charging akan menyala dan sekaligus mentriger Q1 jenis PNP, karena TR nya jenis PNP maka ketika arus Negatip masuk pada Basis sehingga arus Positive akan mengalir dari Emitor ke Kolektor sehingga IC LM 317 diberi umpan balik dari V Out yang sudah di Adjust melalui VR Volt Adjust yang besarnya 14 Volt, karena Vout mengeluarkan tegangan sebesar 14 Volt maka tegangan tersebut akan mengisi pada Accu melalui R 10, pada proses pengisian ini akan terjadi perbedaan tegangan antara Accu dan V Out dari charger selama proses pengisian berlangsung. Apabila pengisian ini sudah penuh dan tegangan aki sudah mencapai tegangan 13.8 Volt maka comparator akan membaca perbedaan selisih tegangan accu dan tegangan V Out dari charget yang sudah di seting  Floating Adjust nya di angka 13.8 Volt sehingga V out dari Comparator akan mengeluarkan tegangan Positive sehingga Led indikator Charging akan mati dan Led indikator Floating akan menyala dan menandakan bahwa Accu sudah penuh. Karena V out comparator tadi berlogika Positive yang mengalir juga ke Basis Q1 jenis PNP, maka arus akan di putus dari Emitor ke Kolektor sehingga akan memutus juga arus umpan balik dari V out dari IC LM317, karena tegangan umpan balik terputus maka tegangan Out charger pun akan Drop dibawah tegangan Accu, dengan demikian proses pengisian akan terputus atau Cut Off.

Demikian proses dari sistem kerja Charger Accu Genset Auto Cut Off ini.
Semoga bermanpaat.

SALAM BERKREASI TIADA HENTI.

8 comments:

  1. Charger Aki Otomatis Terbaik Saat Ini "Automac Charger Aki Otomatis Dual System Canggih Auto ON Auto OFF", Asli Produk Indonesia. Supportlah Produk Produk Asli Bangsa Indonesia

    www.automacindo.com

    ReplyDelete
  2. Klw untuk cut off 3aki basah 200ma gmana skema cut off nya gan?.trmksh

    ReplyDelete
  3. 3aki basah di seri mksudnya gan.trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau unt 3 aki diseri berarti setting tegangan floatnya 3x jg, artinya 3x13.8 = 41.4 volt maka gunakan trafo 50 volt

      Delete
  4. Gan jika gensetnya pakai aki 24 volt apakah rangkaian tersebut di atas masih support???
    Satu lagi gan untuk apakah ada rangkaian carger aki genset satu carging untu 2 genset gan ???( Bergantian ) mohon arahan gan pemula....

    ReplyDelete

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

APABILA ADA SARAN SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DI KOTAK KOMENTAR.