Saturday, October 15, 2016

Salam Sejahtera...

Pada postingan kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman denga rekan rekan sekalian.
Pada Bulan sekarang ini sudah memasuki musim hujan di seluruh indonesia, banyak kejadian kejadian yang diluar dugaan silih berdatangan, seperti longsor, banjir bandang atau pohon rubuh dan sebagainya. Maka dari itu banyak kerugian kerugian yang dialami oleh warga, salah satu diantaranya yaitu harus menerima pemadaman listrik dari PLN yang mungkin dikarenakan terganggunya kabel Distribusi Tenaga Listrik yang menuju lokasi kita.

Dari kasus seperti diatas tentunya kita harus waspada dan mempersiapkan kebutuhan untuk menangani kasus tersebut, mungkin salah satunya yaitu menyediakan Genset mini untuk kebutuhan Listrik dirumah kita. dan apabila anda sudah memiliki Genset tersebut mungkin anda bisa merakitnya supaya bisa otomatis.

Nah kali ini saya akan berbagi pengalaman untuk anda bagaimana Genset mini kita bisa dioperasikan otomatis....? Tetapi Otomatis disini tidak Full 100% serba otomatis, karena sebagaimana kita ketahui bahwa Genset mini harus meng aktif kan Choke ketika di starter, nah kalau menggunakan alat yang full Auto mungkin saja bikin alat nya bisa jadi harganya 2 x lipat dari harga Genset.

Lihat juga Trouble Shooting pada Genset

Oke rekan rekan sekarang kita perhatikan Skema dibawah ini:


Cara kerja ATS ini sbb:
Ketika keadaan normal PLN akan mengalir melalui Relay atau Kontaktor RL1 yang menuju Beban, RL1 ini bekerja karena mendapat NC (Normaly Close) dari RL4 karena pada koil RL4 tidak ada arus yang mengalir, sehingga Kontak poin NC dari RL4 ini terhubung ke PLN yang menyebabkan RL1 akan bekerja.

Lihat juga Pebaikan ATS

Ketika PLN mati maka RL1 akan Off dan memutus jaringan dari jalur PLN menuju Beban, secara bersamaan RL5 pun ikun non aktif sehingga Kontak Poin NO akan bebas atau terputus, kontak Poin NO dari RL5 ini akan membebaskan Kontak STAR / STOP pada genset, sehingga ketika Genset di Star secara manual maka Gencetpun akan Menyala / Runing.

Setelah Genset Runing maka arus akan mengalir pada RL3 melalui Kontak Poin NC dari RL2 kemudian Kontak Poin dari RL3 akan menghubungkan aliran arus dari Genset menuju Beban.

Ketika PLN nyala kembali dan arus masuk menuju RL1, Arus PLN tidak akan terjadi tubrukan dengan arus Genset, ini dikarenakan RL2 dan RL4 akan saling mengunci atau disebut INTERLOK, selama RL4 masih terhubung ke Genset,selama itu pula PLN tidak akan bisa melewati RL1 menuju beban.

Pada saat bersamaan ketika PLN mengalirkan arus, RL5 akan aktif dan kontak poin NO nya akan me non aktifkan Genset, sehingga Gensetpun akan Shutdown ( mati ), setelah Genset mati dan aruspun akan berhenti mengalir dikarenakan RL3 tidak mendapatkan arus, pada waktu bersamaan RL4 pun akan ikut mati yang menyebabkan Kontak Poin NC dari RL4 akan menghubungkan arus ke Koil RL1, sehingga RL1 akan bekerja dan mengalirkan Arus dari PLN menuju Beban.

Video pembuat ATS

Demikianlah berbagi pengalaman pada kesempatan ini semoga bisa bermanfaat bagi semua.

Terima kasih dab Salam Berkreasi Tiada Henti.

2 comments:

  1. Mohon ptunjuk...utk Relay biasa nya.yg digunakan...RL 5

    ReplyDelete
  2. Trims sangat bermanfaat,...kenapa di sebut semi mas...klo RL5 di modif lg mungkin bisa otomatis star genset ya mas...mohon petunjuk

    ReplyDelete

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

APABILA ADA SARAN SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DI KOTAK KOMENTAR.