Saturday, February 28, 2015


Beberapa bulan yang lalu saya mungut PA mobill merek TWISTER Made in USA yang telah di buang sang pemiliknya kerena sudah rusak dan tidak bisa di service katanya,,,
setelah sekian lama sy jadi penasaran pingil liat liat rangkaian dan skemanya unt sekedar di pelajari,memang sangat ribet ketika menelusuri satu persatu komponenya karena menggunakan pcb double layyer, dengan ke uletan q akhirnya selesai jg skemanya saya gambar dan hasilnya seperti gambar di atas, ternyata setelah skema komplit di gambar dan sy perhatikan tidak begitu serumit ketika menggambarnya,,,

Setelah skema komplit di gambar baru lah saya mulai pemburuan dgn mengukur satu persatu dari komponen aktif diantaranya transistor dan IC nya, mulai dari TR Final,Driver dan buffer saya cek dan di ukur satu satu dan hasilnya oke semua dan tidak ada yg short, saya sangat bersyukur berarti PA nya masih bagus,, kemudian perburuan saya lanjutkan ke bagian power suply yg menggunakan Inverter DC to DC dengan tegangan Simetris 40-20-CT 20-40,, ternyata gak bangkit ketika sy kasih teg sumber 12V dan lampu Protech menyala itu tandanya ada masalah baik pada bagian PA atau pun PS, karena rangkaian bagian PA sudah sy cek satu persatu dan tidak ada indikasi yang mencurikagan,maka perburuan saya pokuskan pada daerah PS dan Protech area,,,, yg paling pertama sy cek Driver Inverter yb menggunakan Mosfet IRPF3205 sebanyak 8 buah dan saya ukur satu persatu dan ternyata hasil pengukuran satu sama lain tidak ada yang sama nilainya, maka saya putuskan unt mengganti semua mosfetnya dgn yg baru dgn harga 5000-/buahnya.
kemudian saya pasang semua dan sy langsung tes dengan diberi tegangan sumber 12V dan hasilnya masih nihil...., kemudian sy lanjutkan pengukuran ke komponen utama dari inverter yg di kendalikan oleh IC TL494,dan saya ukur di bagian Out yg menuju ke Mosfet dan hasil pengukuran tidak ada signal /  trigger atau pulsa pwm nya, maka saya memutuskan untuk mengganti IC tersebut,,,,, tanpa pikir panjang lebar saya langsung menebus IC tersebut dari toko spare part dgn harga 7500- dan saya langsung solder karena sangat penasaran.... setelah semua rapi kemudian saya tesss,,, Dan ter nyataaaaaaaaaaaaaaaaa.......
hasilnya masih mengecewakan,,,, karena sangat kesal akhirnya perburuan sy hentikan sementara dan PA sy simpan di bawah lemari,,,,,,,,,,,

Setelah beberapa bulan ketika saya lg beres2 kamar kembali saya melihat PA tersebut sudah sangat kotor dan saya kembali timbul rasa penasaran ingin mengotak atik lagi,,, dan perburuan sekaran masih di seputaran Inverter dan tanpa pikir panjang sy langsung kepikiran pingin mencabut IC 4558 di bagian inverter dan ic tersebut sebagai pengirim signal error atau Protech, kembali saya pergi ke toko Part unt membeli ic tersebut dgn harga 5000-, kemudian langsung saya pasang dan di tes,, akhirnya ada titik terang Inverter mulai Bangkit dan lampu Protech berubah warna menjadi Hijau,,, saya ukur tegangan sekunder dah normal dan terukur 40-20-ct-20-40,,, tapi PA belum ada respon sama sekali,, ternyata perburuan sy belum berakhir dan sekarang sy pokus ke jalur jalur pcb di telusuri dengan detail dan hasil; penelusuran ternyata ada 3 jalur utama yg terputus,tapi kalau sy perhatikan jalur tersebut seperti dengan sengaja di putuskan dgn menggunakan Silet, karena sangat rapi sekali dan tidak mencurigakan, kemudian saya teringat pada si empunya PA tersebut katanya sempet di service sudah berbulan bulan tidak ada kabarnya, ketika barang tersebut hendah di ambil sang pemiliknya,situkang servis minta waktu sebentar dengan alasan hendak dirapikan dulu katanya.....

Mungkin ini perburuan terakhir saya dengan Mejumper jalur jalur yg di putus tadi dengan menggunakan solderan timah dan saya sangat yakin kalau usaha yg terakhir ini akan berhasil, dan tanpa sy tes dulu,pcb pa tersebut langsung saya rapikan dan di baut pada kesing nya seperti semula,,, kemudian saya siapim sumber singnal musik dangdut dari komputer yang langsung sy colokin ke soket input,kemudian speaker sy pasangkan pada terminal output dan terakhir PS 12V saya pasang dan ,,,,, BISMILLAH..... begitu di ON PS nya tiba tiba Kaget bukan kepalang sampai saya terpental ke belakang karena suara Speaker yang tiba tiba mengglegar karena sy lupa menutup Gain Volume nya....!

Alhamdulillah perburuan saya sudah berhasil dengan memuaskan, Nada bass nya yg menggetarkan Dada sangat cocok menggunakan Speaker Sub woofer....

Demikian pengalaman saya dengan Power Mobil...!

3 comments:

  1. Ada lay out nya mas, penasaran pengen nyoba.

    ReplyDelete
  2. Nanya boz.klo teg mendut2 semua apanya y boz yg rusak

    ReplyDelete

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

APABILA ADA SARAN SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DI KOTAK KOMENTAR.