Thursday, December 4, 2014


Jenis Jenis Capacitor
            
Berdasarkan bahan dielektrikum maka kapasitor dibedakan menjadi beberapa diantaranya keramik, mylar/mika, kertas. Berbeda bahan dasar yang digunakan maka jadi tampilan fisiknya pun menjadi berbeda-beda pula.

a. Kapasitor Keramik
Mengapa disebut capasitor ceramic, karena bahan dasar yang digunakan sebagai media penyimpan arus adalah terbuat dari keramik. Jadi lempengan keramik diletakkan diantara dua pin kaki capasitor tersebut sedemikian rupa sehingga dapat menyimpan arus listrik. Kapasitor ini mempunyai oksida logam dan dielektrikumnya terdiri atas campuran titanium-oksida dan oksida lain. Kekuatan dielektrikumnya tinggi dan mempunyai kapasitas besar sekali dalam ukuran kecil.

b. Kapasitor Kertas
Kapasitor ini mempunyai dielektrikum kertas dengan lapisan kertas setebal 0,05-0,02 mm antara dua lembar kertas alumunium.Dinamakan Kapasitor Kertas karena foil nya dilapisi dengan bahan dielektrikum yang terbuat dari kertas. Kertasnya diresapi dengan minyak mineral untuk memperbesar kapasitas dan kekuatan dielektrikumnya. Kapasitor jenis ini merupakan Kapasitor yang lahir pada generasi pertama dimana pada waktu itu rangkaian masih menggunakan tabung hampa (Vacum Tube). Kapasitor jenis ini sudah tidak dipakai lagi dan jarang diproduksi.

c. Kapasitor Mylar, MKM, MKT
Mylar, MKM, MKT adalah beberapa contoh sebutan merek dagang untuk kapasitor dengan bahan- bahan dielektrik film. Mempunyai karakteristik suhu yang lebih bagus dan dapat digunakan untuk frekuensi tinggi. Biasanya jenis ini digunakan untuk rangkaian yang menggunakan frekuensi tinggi, dan rangkaian analog. Kapasitor ini bias disebut kapasitor mylar dan kapasitor mkt mempunyai toleransi sebesar ±5% sampai ±10%.Kapasitor ini mempunyai elektroida logam dan lapisan dielektrikum dari polysteryne mylar dan teflon setebal 0,0064 mm. Bahan penyekat yang digunakan pada kapasitor mylar terbuat dari plastik, tepatnya plastik digulung diantara kedua lempengan kaki capasitor tersebut. Jumlah gulungan yang dipakai akan mempengaruhi besar-kecilnya nilai kapasitasnya.

d. Kapasitor mika
Jenis ini menggunakan mika sebagai bahan dielektriknya. Kapasitor mika mempunyai tingkat kestabilan yang bagus, karena temperatur koefisiennya rendah. Karena frekuensi karakteristiknya sangat bagus, biasanya kapasitor ini digunakan untuk rangkaian resonansi, filter untuk frekuensi tinggi dan rangkaian yang menggunakan tegangan tinggi misalnya: radio pemancar yang menggunakan tabung transistor. Kapasitor mika tidak mempunyai nilai kapasitansi yang tinggi.


0 comments:

Post a Comment

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

APABILA ADA SARAN SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DI KOTAK KOMENTAR.